Kamis, 02 Februari 2012

Solusi Kemacetan di Jalan Raya

Tulisan ini saya ambil dari postingan blog saya di nurwendi.blogdetik.com, karena saya ingin fokus di blog ini saja. Postingan ini mungkin hanya sebuah konsep sederhada untuk mengatasi maslah sosial yang kompleks. Setelah offline beberapa hari karena harus banyak kerjaan offline,tugas kuliah dan ujian hingga banyak hal yang harus ditinggalkan pekerjaan dunia maya.
Kenapa harus berhubungan dengan macet? Ya karena dari kemarin banyak kehilangan waktu di jalan raya hanya untuk macet. Padahal pemerintah sudah menyediakan solusi banyak,mulai dari pelebaran jalan sampai tranportasi masal tapi hal tersebut masih belum menyelesaikan masalah bahkan untuk menyentuh ke masalah tersebut saja belum bisa dikatakan berhasil.
Kenapa di luar negeri transportasi massal seperti bus dan kereta menjadi andalan transportasi masyarakat dibanding dengan mobil pribadi. Karena kendaraan umum disana tepat waktu, sedangkan di indonesia lebih sering telat. Ini menjadi alasan utama yang membuat malas naik kendaraan umum dan akhirnya dihubungkan dengan alasan lain yang tidak relevan untuk mendukkung alasan tersebut.  Saya rasa semua pasti setuju bahwa orang indonesia adalah orang yang ramah,santun,peduli dan mempunyai sosialitas yang tinggi dan seharusnya pelecehan seksual didalam Bus tidak harus terjadi.
Saya hanya pejalan kaki yang menggunakan trotoar,kadang naik sepeda ketika pergi agak jauh, naik motor ketika diburu waktu,naik kendaraan umum ketika pergi jauh dan mobil pribadi jika liburan dengan keluarga. Inilah solusi yang saya tawarkan kepada pengguna jalan, ketika cukup jalan kaki kenapa harus naik motor? Ketika cukup naik sepeda kenapa harus naik mobil? kenapa tidak menggunakan transportasi umum yang disediakan pemerintah? dan stop menyalahkan pemerintah, mari berbenah diri bersama-sama. Seandainya 1% dari pengguna jalan raya sadar diri mungkin akan berpengaruh besar. Inilah konsep sederhana yang saya tawarkan kepada pengguna jalan raya, kosep ini saya sebut dengan KONSEP SADAR DIRI.
Selain itu akan banyak memberi solusi masalah sosial lainnya seperti pemanasan global,krisis energi, kelangkaan BBM dsb. Mungkin tulisan ini tidak bisa merubah apa-apa, tapi jika tidak pernah dimulai maka tidak akan pernah selesai. Mungkin tulisan ini hanya akan menjadi bunga layu di dunia maya, tapi setidaknya bisa membuat perubahan pada satu orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar